Jumat, 21 Juli 2017

4 Cara Terbaik Memperbaiki Kartu Memory / SD Card Error

"Cara Terbaik Memperbaiki Kartu Memory / SD Card Error" - Kartu SD memang sangatlah dibutuhkan oleh para pengguna smartphone. Walaupun memiliki internal storeage yang besar tetap saja sebuah ponsel serasa tidak lengkap tanpa MicroSD yang useable. Kalau tiba tiba memory kita tidak terbaca pasti kita akan sangat bingung dengan keadaan tersebut.

Cara Memperbaiki Memory Error atau Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Memory Error atau Tidak Terbaca
Pasalnya biasanya walaupun memiliki internal yang besar kita tetap saja harus menyimpan data pribadi didalam memory external seperti MicroSD. Karena dengan menggunakannya kita dapat dengan mudah memindahkan data kita ke hp orang lain untuk sharing. Kalau memory kita tiba tiba tidak terbaca bagaimana? Tenang tinggal ikuti saja cara dibawah ini.

Cara Pertama : Membersihkan Kartu Memori
Bersihkan Kuningannya

Membersihkan MicroSD tidak bisa sembarangan dengan menggosokannya ke benda yang kasar, karena akan merusak kuningan yang diujung MicroSD tersebut. Cara menggosoknya kami sarankan sobat mencari tisu halus atau kapas atau bisa juga dengan kain yang halus.

Gosok hingga terlihat bersih lalu coba masukan kembali memorynya kedalam ponsel untuk mengecek apakah MicroSD sudah terbaca dan bisa digunakan dengan normal lagi, jika MicroSD bisa terbaca namun ada notif failed atau minta format silahkan coba cara dibawah ini.

Cara Kedua : Melakukan Format dari Android
Format di Android

Masuk ke menu Setting, lalu Storage, di dalam menu itu ada pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.

Cara Ketiga : Cek Error dari PC
Chek Error di PC

Hubungkan Smartphone ke PC atau Laptop dengan kabel data.
Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC).
Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties, lalu  Tools , terus Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.

Eject dan lepaskan kartu memorinya, lalu masukan lagi di ponsel sobat, lihat apakah sudah terbaca atau belum.

Cara Keempat : Format dari PC

Cari card reader untuk memasukan memory tadi ke PC atau Laptop, NB: memory masih terdeteksi di PC walaupun tidak terdeteksi di android. Lalu lakukan format seperti biasanya kalau memorynya pernah dipartisi coba gunakan mini tool partition untuk mempartisi ulang.

Itulah sedikit pengalaman kami mengenai memory HP yang tidak terbaca, dengan melakukan langkah dan cara diatas InsyaAllah memory sobat dapat digunakan kembali. Jika belum juga bisa silahkan sobat bawa ke konter reparasi terdekat atau beli lagi.


EmoticonEmoticon